Absennya penyerang andalan Borussia Dortmund ketika tim berlaga di Liga Champions menuai banyak pertanyaan. Banyak juga bandar bola yang mengatakan bahwa Aubameyang terlibat masalah internal dengan sang pelatih, Thomas Tuchel.

Ternyata belakangan baru terungkap alasan absennya Aubameyang. Ternyata pemain tersebut asal Gabon tersebut mendapatkan skorsing dari klub karena tindakan tidak disiplin yang dilakukannnya.

Semuanya bermula ketika pihak klub memberikan libur satu hari kepada pemain sebelum Liga Champions. Walaupun memberikan libur satu hari, klub memiliki peraturan yang harus dituruti yaitu para pemain harus hadir ketika malam sebelum Liga Champions. Pihak klub memberikan tolerensi keterlambatan 10 menit.

Dengan kata lain, pemain tidak boleh keluar kota pada hari libur tersebut. Namun Aubameyang melanggar peraturan tersebut. Pemain berusia 27 tahun tersebut ketahuan menghadiri acara ulang tahun temannya di Italia.

Sebenarnya yang dilakukan oleh Aubameyang tidak akan diketahui oleh orang lain jika dirinya tidak melakukan kecerobohan dengan mengunggah fotonya di social media.

Aubameyang yang awalnya direncakan untuk bertanding melawan Sporting Lisbon terpaksa harus dihapus namanya dari skuad karena hukuman tersebut.

“Kami mengalami kesulitan ketika bermain tanpa Aubameyang, namun hal tersebut memang harus saya lakukan dan saya tidak memiliki pilihan lain. Namun pada pertandingan selanjutnya, Aubameyang sudah dapat tampil membela Dortmund kembali”, kata Thomas Tuchel.

Walaupun bermain tanpa Aubameyang, Dortmund berhasil mengamankan tiga poin dari kemenangannya atas Sporting Lisbon dengan skor tipis 1 – 0. Kemenangan tersebut membuat pasukan Tuchel berdiri kokoh di puncak klasemen grup F dengan total 10 poin. Pada laga selanjutnya, Dortmund akan menghadapi Hamburger SV dalam laga lanjutan Bundesliga.